Pencegahan Gagal Ginjal Akut

Saya akan membahasa tentang gagal ginjal akut, penyebab, gejala,  dan pencegahan gagal ginjal akut. Gagal ginjal akut merupakan istilah untuk suatu kondisi di mana ginjal seseorang menglami kerusakan secara mendadak, sehingga tidak bisa berfungsi.

gagalginjall

Pencegahan Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal  akut terjadi ketika ginjal tiba-tiba bisa menyaring limbah kimiawi dari darah yang bisa memicu penumpukkan atau penimbunan limbah tersebut di dalam tubuh. Penumpukan limbah kimia dan garamdalam tubuh akan bisa menghentikan organ lain untuk berfungsi dengan benar. Biasanya ginjal akut terjadi sebagai komplikasi dari berbagai macam penyakit serius lainnya. Penyakit ginjal seperti ini pada umumnya diidap oleh lansia atau pasien perawatan intensif di rumah sakit.

Gagal ginjal akut adalah hilangnya kemampuan ginjal untuk mengeluarkan cairan berlebih, elektrolit, dan zat sisa dari darah. Kondisi ini biasanya menyebabkan penumpukkan racun dari cairan, dan zat sisa di dalam tubuh. Gagal ginjal akut dapat berkembang dalam beberapa jam atau beberap hari. Penyakit ini yang lebih sering terjadi pada mereka yang sudah memiliki penyakit parah atau komplikasi dan membutuhkan perawatan intensif.  Tapi jika para penderitanya memiliki kesehatan yang baik, ginjalnya akan bisa kembali berfungsi normal.

Gejala Penyakit Gagal Ginjal Akut

  1. Sakit perut
  2. Mual dan muntah
  3. Linglung atau kebingungan
  4. Berkurangnya produksi urine
  5. Nyeri punggung
  6. Tingginya tekanan darah atau penyakit hipertensi
  7. Penumpukkan cairan dalam tubuh atau edema
  8. Sakit atau rasa nyeri pada bagian dada
  9. Sesak nafas

Penyebab dan Faktor Resiko Gagal Ginjal Akut

Mayoritas gagal ginjal akut terjadi karena berkurangnya aliran darah ke ginjal. Berikut beberapa hal yang bisa menurunkan aliran darah ke ginjal:

  • Volume darah rendah, hal ini terjadi akibat perdarahan, muntah dan diare berlebihan, serta dehidrasi parah.
  • Jumlah darah yang dipompa jantung di bawah normal, ini terjadi karena gagal jantung atau gagal fungsi hati.
  • Gangguan pada pembuluh darah, yang disebabkan pembengkakan dan penyumbatan pada pembuluh darah utama menuju ginjal.
  • Beberapa obat-obatan tertentu yang bisa mengganggu suplai darah ke ginjal atau bahkan mengganggu ginjal. Contohnya obat anti inflmasi non-steroid (OAINS), obat untuk hipertensi, dan antibiotik tertentu.
  • Cairan pewarna, yang digunakan pada uji pencitraan tubuh dan sinar X.

Selain karena berkurangnya aliran darah ke ginjal, gagal ginjal akut juga bisa dipicu oleh dua penyebab berikut:

  • Tersumbatnya saluran urine, sehingga limbah dari ginjal tidak bisa dibuang melalui urine.
  • Kerusakan langsung di ginjal, yang bisa disebabkan oleh timbunan kolesterol, penggumpalan darah, glomerulonefritis, penyakit lupus, skleroderma, infeksi, dan obat-obatan tertentu.

Pencegahan Gagal  Ginjal Akut

1. Pencegahan Gagagl Ginjal Akut dengan Memagajemen Diabetes, Tekanan Darah Tinggi Dan Penyakit Jantung Dengan Baik

Penyakit ginjal adalah penyakit sekunder sebagai akibat dari penyakit primer. Kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung adalah penyebab utama disebagian besar kasus penyakit ginjal. Oleh karena itu, selalu kendalikan kadar gula, kadar kolesterol dan, tekanan darah dengan jalan mengikuti diet sehat, olahraga. Pedoman pengobatan yang benar sangat penting untuk tips mencegah penyakit ginjal.

2. Pencegahan Gagal Ginjal Akut denengan Mengurangi Asupan Garam

Tips mencegah penyakit ginjal dengan mengurangi asupa garam. Garam adalah sumber yang meningkatkan kadar natrium dari diet Anda. Natrium tinggi tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga memicu pembentukan batu ginjal.

3. Pencegahan Gagal Ginjal Akut dengan Minum Banyak Air Setiap Hari

Tips mencegah penyakit ginjal dengan perbanyak minum air. Air sangat penting untuk membantu Anda agar tetap terhidrasi, serta membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. Hal ini juga membantu pencernaan dan mengontrol suhu tubuh. Jadi pastikan Anda terhindar dari dehidrasi dengan mendapatkan jumlah cairan yang cukup setiap hari.

4. Pencegahan Gagal  Ginjal Akut Jangan Menahan Buang Air Kecil

Penyaringan darah adalah fungsi utama yang dilakukan oleh ginjal Anda. Ketika proses penyaringan dilakukan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih perlu segera dibuang. Meskipun kandung kemih bisa menampung lebih banyak urin, namun rasa ingin BAK dirasakan saat kandung kemih sudah terisi dengan 120-150 ml urin. Jadi, jika Anda mulai mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar kecil, kandung kemih membentang lebih dari kapasitasnya. Hal ini mempengaruhi proses filtrasi ginjal.

5. Pencegahan Gagal Ginjal Akut dengan Makan Dengan Benar

Tips mencegah penyakit ginjal dengan makan dengan benar. Hampir semua proses yang terjadi di dalam tubuh Anda dipengaruhi oleh apa yang Anda makan dan bagaimana cara Anda makan. Jika Anda makan makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan makanan cepat saji, maka organ-organ tubuh Anda harus bekerja ekstra keras, termasuk ginjal.

6. Pencegahan Gagal  Ginjal Akut dengan Minuman yang Sehat

Tips mencegah penyakit ginjal dengan minum minuman sehat. Termasuk jus segar atau jus blender adalah cara lain supaya Anda bisa memasukkan lebih banyak cairan dan menjaga ginjal Anda selalu sehat. Jus membantu sistem pencernaan untuk mengekstrak lebih banyak air dan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

Pencegahan Gagal Ginjal Akut

Harga XAMthone Plus

Obat Gagal Ginjal Akut Alami

Obat Gagal Ginjal Akut Alami

Harga 1 Botol XAMthone Plus isi 350mL = Rp.265.000,-

Cara Beli XAMthone Plus:

KETIK SMS: Pesan XAMThone Plus, Jumlah Botol, Nama dan Alamat Kirim Anda ( Untuk menentukan Ongkos Kirim Anda )

KIRIM SMS KE: 0852-1617-3280

This entry was posted in Gagal Ginjal Akut and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.