Gagal Ginjal Akut dan Kronis

Gagal ginjal adalah kasus penurunan fungsi ginjal yang terjadi secara akut (kambuhan) maupun kronis (menahun). Dikatakan gagal ginjal akut (acute renal failure) bila penurunan fungsi ginjal berlangsung secara tiba-tiba, tetapi kemudian dapat kembali normal setelah penyebabnya segera dapat diatasi. Sedangkan gagal ginjal kronis gejalanya muncul secara bertahap biasanya tidak menimbulkan gejala awal yang jelas, sehingga penurunan fungsi ginjal tersebut sering tidak dirasakan, tahu-tahu sudah pada tahap parah yang sulit diobati.

ginjal-2

Gagal ginjal kronis sama dengan hipertensi, penyakit ikutan yang saling berkaitan termasuk silent killer yaitu penyakit mematikan yang tidak menunjukkan gejala peringatan sebelumnya, sebagaimana umumnya yang terjadi pada penyakit berbahaya lainnya.

Penyebab awalnya bisa dari hal yang sepele, misalnya dehidrasi (kurang minum) yang membuat tubuh rawan kena infeksi saluran kemih dan kemudian dapat berkembang menjadi infeksi ginjal. Wanita, karena kontruksi alat kelaminnya yang “terbuka” adalah kelompok yang rawan kena infeksi saluran kemih yang dalam istilah kedokteran dikenal sebagai sistitis.

Di Amerika serikat, misalnya, tercata sekitar 21% wanita setiap tahun diserang infeksi saluran kemih. Dari jumlah itu, sekitar 2 sampai 4 persen wanita tersebut mengalami infeksi yang terus-menerus dan harus ke dokter untuk mengatasi masalah infeksi saluran kemih. Walaupun infeksi saluran kemih ini diterapi dengan antibiotika, namun ada yang berkembang menjadi infeksi ginjal dengan konsekuensi yang serius.

Gagal ginjal bisa juga terjadi sebagai akibat penyakit ginjal turunan. Namun, menurut salah satu dokter spesialis ginjal, dahulu penderita gagal ginjal tahap kronis disebabkan oleh rasang ginjal menahun, sekarang sudah bergeser penyebabnya ke komplikasi penyakit metabolik dan penyakit degeneratif.

Oleh karena itu, yang perlu lebih diwaspadai adalah penyebab degeneratif tersebut yaitu diabetes dan gangguan pada pembuluh darah (hipertensi, serangan jantung dan stroke) yang berujung pada gagal ginjal. Hal ini dipicu oleh perubahan gaya hidup yang kurang bergerak, pola makan tinggi lemak dan karbohidrat dan lingkungan sekitar yang tidak baik.

Bila seseorang terkena hipertensi berkemungkinan besar ginjalnya akan terganggu dan sebaliknya gagal ginjal akan memperparah hipertensi yang nantinya berpengaruh pula pada kesehatan jantung. “Mengingat hubungan hipertensi dan ginjal sangat erat, maka jagalah kesehatan ginjal sebaik mungkin. Jangan sampai mengalami gagal ginjal. Namun, kesehatan jantung juga harus dijaga dengan baik, karena seluruh organ dalam tubuh saling berkaitan dan harus selalu dijaga dengan baik.

Indonesia termasuk negara dengan tingkat penderita gagal ginjal yang cukup tinggi. Menurut data dari Perneftri (Persatuan Nefrologi Indonesia) diperkirakan ada 70 ribu penderita ginjal di Indonesia, namun yang terdeteksi menderita gagal ginjal kronis tahap terminal dari mereka yang menjalani cuci darah hanya sekitar 4 ribu sampai 5 ribu saja.

“Saat ini, dari jumlah penderita ginjal yang mencapai 4.500 orang itu, banyak penderita yang meninggal dunia akibat tidak mampu berobat dan cuci darah yang biayanya sangat mahal.

Oleh karenanya, waspadai selalu penyakit gagal ginjal akut maupun kronis. Karena gagal ginjal tergolong jenis penyakit dengan gejala yang kurang jelas, khususnya pada stadium awal. Gagal ginjal bisa menyerang semua golongan umur, pria maupun wanita dan tidak memandang tingkatan ekonomi. Perlu pila diingat, angka gagal ginjal kronik pada anak yang cukup tinggi akibat kelainan bawaan, radang ginjal menahun, penyakit multisistem (lupus eritematosus, hemolitic urmic syndrome) dan penyakit berbahaya lainnya (penyakit neuromuskuler dan tumor ginjal).

Harga XAMthone Plus

Obat Gagal Ginjal Akut Alami

Obat Gagal Ginjal Akut Alami

Harga 1 Botol XAMthone Plus isi 350mL = Rp.265.000,-

Cara Beli XAMthone Plus:

KETIK SMS: Pesan XAMThone Plus, Jumlah Botol, Nama dan Alamat Kirim Anda ( Untuk menentukan Ongkos Kirim Anda )

KIRIM SMS KE: 0852-1617-3280

This entry was posted in Gagal Ginjal Akut, Penyebab Gagal Ginjal Akut and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.